Penyebab Jaringan LAN Tidak Connect dan Solusinya

Jaringan LAN merupakan jaringan jarak pendek yang hanya mencakup untuk jangkauan 100 meter saja, biasanya diterapkan di warnet, lab komputer di sekolahan dan di sebuah perusahaan.
Banyak Faktor yang menyebabkan jaringan LAN pada komputer anda tidak connect, berikut beberapa faktor sekaligus penjelasan cara mengatasinya :

1. Kabel LAN tidak tertancap dengan benar ke port CPU


Kabel LAN yang tidak tertancap ke port USB CPU/Laptop dengan benar akan menyebabkan jaringan LAN pada komputer tidak connect, atau tetap connect tetapi tidak stabil, kadang connect kadang tidak, Kabel LAN yang tidak tertancap dengan benar biasanya ditandai dengan adanya tanda silang pada icon bergambar komputer yang berada disebelah kanan bawah layar komputer kalian atau bisa juga ditandai dengan port LAN yang berada dibagian belakang CPU (untuk PC)/bagian samping (untk laptop) tidak menyala walaupun kabel LAN sudah ditancapkan.

Solusinya : cabut kabel LAN dari portnya kemudian colokan kembali, jika masih tidak menyala coba cek pada ujung kabel satunya, apakah sudah tertancap dengan benar ke switch atau belum. Jika sudah benar biasanya ditandai dengan lampu indikator untuk nomor port LAN yang anda colokkan akan menyala.


2. Kabel LAN atau Konektor RJ45 Rusak

Untuk mengetahui kabel LAN atau konektor RJ45 yang anda gunakan rusak adalah dengan mengetes kabel LAN dengan menggunakan LAN tester, apabila kabel LAN masih bagus maka lampu indikator pada LAN tester akan nyala semuanya, jika sudah rusak akan ada beberapa lampu indikator yang mati pada saat proses test kabel.


3. LAN Card Rusak

LAN card yang rusak akan menyebabkan komputer anda tidak terkoneksi ke jaringan. Oh iya bagi kalian yang belum tahu apa itu LAN Card bisa baca artikel ini Pengertian LAN Card dan Fungsinya Penyebab LAN card rusak bisa disebabkan karena usia LAN card yang kalian gunakan sudah tua, atau bisa juga disebabkan karena LAN card kalian kotor, biasanya banyak terdapat debu halus pada LAN card, bersihkan saja debu-debu menggunakan kuas hingga bersih kemudian bersihkan juga pin kuning yang terdapat pada LAN card, bersihkan menggunakan penghapus, hapus secara perlahan pada kedua sisi pin kuning tersebut, setelah itu coba pasangkan kembali LAN card kalian, jika berhasil jaringan kalian akan connect kembali. Alternatif lain kalian bisa coba pindah dan colokkan kabel LAN dari port LAN card pindah ke port LAN yang di motherboard.
Jika masih tidak connect juga coba kalian tukar LAN card yang kalian punya dengan LAN card yang lain, jika connect artinya LAN card lama kalian rusak. Kalian bisa membelinya secara online maupun datang langsung ke toko komputer di daerah kalian, harga LAN card sekitar 100rb - 200rb tergantung merk juga.

Baca Juga : Ubah Mode Windows 10 dari Mode Tablet ke Mode Desktop

4. LAN Terdisable Pada Settingan Network Komputer

LAN card yang terdisable akan menyebabkan jaringan komputer anda tidak connect.
Cara melihat settingan LAN card disable atau enable bisa ikuti langkah-langkah berikut :
  • Buka Control Panel 
  • Setelah tampilan control panel muncul pilih Network and Sharing Center, akan muncul tampilan berikut :
  • Selanjutnya pilih Change adapter settings

  • Disini kalian akan melihat jaringan apa saja yang ada di komputer anda
Jika LAN terdisable akan berwarna abu, tetapi jika enable berwarna biru. Untuk merubah menjadi enable maka lakukan Klik kanan pada jaringan Ethernet, kemudian pilih Enable, tunggu beberapa saat hingga berubah menjadi warna biru. 
Jika sudah berwarna biru (Enable) abaikan solusi di poin ini.


Itulah beberapa faktor yang menyebabkan LAN anda tidak terkoneksi beserta solusinya.
Semoga Bermanfaat..
Jika ada yang masih kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Post a Comment

5 Comments

  1. bermanfaat isi konten nya :)

    ReplyDelete
  2. Kalau kadang nyala kadang mati..gimana ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kabelnya yang sudah usang, atau konektor RJ45 nya tidak terpasang dengan benar

      Delete
    2. iya bisa juga seperti itu, coba di crimping ulang saja pak

      Delete