Tips Membeli Komputer Bekas

Komputer merupakan sebuah teknologi yang sudah tidak asing di masyarakat, komputer sangat membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti perkantoran, sekolahan maupun instansi pemerintahan semuanya sudah serba komputer bahkan hampir setiap rumah memiliki komputer.
Seiring berkembangnya teknologi komputer maka semakin bervariasi juga harga komputer yang ada di pasaran tergantung dari spesifikasi komputer itu sendiri. Mungkin diantara kita ada yang lebih memilih untuk membeli komputer bekas karena keterbatasan budget, eits jangan salah.. kualitas komputer bekas bukan berarti lebih jelek dari komputer baru, komputer bekas tetap memiliki kualitas bagus dengan catatan teliti dalam melakukan memilih dan membelinya.

Maka dari itu Dunia Komputer akan membagikan tips membeli komputer bekas agar komputer yang dibeli tetap memiliki kualitas yang bagus dan awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tips Membeli Komputer Second (Bekas)


Melakukan analisa kebutuhan komputer untuk apa ?

Yang pertama harus kalian lakukan adalah menganalisa kebutuhan, maksudnya adalah komputer yang akan dibeli itu ingin digunakan untuk apa, contoh komputer kalian ingin digunakan hanya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau tugas kuliah maka komputer dengan spesifikasi processor dual core saja sudah cukup, processor dual core memiliki harga yang terjangkau, karena jika membeli komputer dengan spesifikasi tinggi akan dirasa mubazir atau sayang, sayang uangnya sayang komputernya juga spesifikasi tinggi tetapi hanya digunakan untuk mengerjakan tugas.

Bertanya Kepada Kerabat

Tidak ada salahnya jika kita bertanya kepada kerabat yang berpengalaman dalam urusan membeli komputer atau kerabat yang ahli di bidang komputer, agar tidak salah membeli komputer dan tidak menyesal dikemudian hari, syukur-syukur jika kerabat kalian baik hati bisa mengantar atau membantu mencarikan komputer bekas yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Lakukan riset secara online untuk perbandingan harga

Setelah terbayang komputer dengan spesifikasi seperti apa yang kalian butruhkan, selanjutnya lakukan riset di toko online lihat-lihat harga komputer yang sesuai dengan spek yang kalian butuhkan, sebagai pegangan kalian ketika akan membeli komputer di toko offline agar tidak buta harga.

Cek Kesehatan Harddisk



Jika sudah menemukan komputer yang sesuai disarankan untuk mengecek kesehatan harddisk baik atau tidak, karena kita pasti tidak ingin ketika sudah banyak data yang tersimpan di harddisk kemudian harddisk tersebut rusak kemudian semua data hilang, maka dari itu pengecekan harddisk ini penting. cara cek harddisk bisa dengan cara mendengarkan putaran piringan harddisk pada saat komputer sedang hidup, jika suaranya bising maka harddisk sudah tidak bagus, lebih baik cari harddisk lain atau bisa menggunakan aplikasi HDD Sentinel Portable bisa cari di mbah google, aplikasi tersebut bisa mengecek persentase kesehatan harddisk tersebut, jika masih sekitar >= 40% artinya masih sehat.

Cek Periferal Input Output

Apabila kalian membeli komputer yang sudah lengkap, artinya sudah termasuk dengan keyboard mouse, speaker dan sebagainya, disarankan untuk mencobanya tersebih dahulu, seperti misalnya mencoba tombol keyboard apakah semuanya masih berfungsi dengan baik atau tidak atau mouse coba melakukan klik kiri dan klik kanan masih enak atau tidak.

Cek Elco Motherboard


Buat kalian yang belum tahu elco motherboard disini saya akan sedikit memberikan penjelasan apa itu elco, elco singkatan dari Electrolytic Condenser atau dalam bahasa indonesia adalah Kondensator Elektrolit biasanya berbentuk menyerupai tabung dan berukuran kecil dan berfungsi sebagai kapasitor.

Perhatikan kondisi kapasitor pada motherboard yang akan kalian beli, apabila pada bagian atas elco sudah sedikit kembung atau bahkan pecah sebaiknya dipikirkan lagi untuk membeli PC tersebut, karena jika elco sudah kembung atau pecah akan membuat kinerja motherboard berkurang atau fatalnya motherboard rusak yang artinya harus di service dan harus mengeluarkan uang kembali untuk biaya service.

Kipas Processor


Periksa kipas processor apakah masih berputar dengan sempurna atau tidak, karena jika sudah tidak berputar sempurna akan mengurangi angin yang dihasilkan dari kipas, sehingga processor akan mudah panas efeknya komputer akan sering mati.

Itulah beberapa tips membeli komputer bekas versi Dunia Komputer, jika kalian mempunyai tips lainnya silahkan tambahkan pada kolom komentar. 
Terima kasih.
Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments